Pengertian Seni Rupa Kontemporer dan Perkembangannya di Indonesia

by Kabar Seni
Pengertian seni rupa kontemporer

Pengertian Seni Rupa Kontemporer dan Perkembangannya di Indonesia – Seni rupa kontemporer merupakan salah satu bidang seni yang dipengaruhi oleh modernisasi. Pengertian seni rupa kontemporer adalah seni rupa yang sedang berkembang di masa kini tanpa terikat aturan masa lalu.

Secara harfiah, Kontemporer berarti saat ini, atau sezaman, lebih tepatnya sama atau sedang berada dalam kondisi masa kini. Jadi bisa dikatakan bahwa seni rupa kontemporer merupakan seni rupa hari ini.

Contoh: Salah satu bidang seni yang dipengaruhi oleh modernisasi. Pengertian seni rupa kontemporer berarti “kontemporer”, “sezaman” atau, “kekinian” lebih tepatnya, sama atau konsisten dengan kondisi waktu sekarang. Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematis yang mencerminkan situasi yang sedang dilalui.

Misalnya, ada lukisan yang tidak lagi dikaitkan dengan zaman Renaisans. Hal yang sama berlaku juga untuk tarian yang lebih kreatif dan modern.

Kata kontempoter itu sendiri adalah kata majemuk yang berasal dari dari “co” (bersama) dan “tempo” (waktu). Oleh karena itu, menegaskan bahwa pengertian seni rupa kontemporer merupakan salah satu karya yang secara tematis mencerminkan situasi yang sedang dilakukan atau dilalui.

Ada juga pendangan pandangan lain dari sebagian orang yang menganggap bahwa pengertian seni rupa modern adalah seni yang bertentangan dengan tradisi modernisme Barat. Pengertian seni rupa kontemporer adalah sebuah produk seni yang diciptakan setelah Perang Dunia II karena perkembangan seni rupa dipengaruhi oleh modernisasi.

Istilah ini telah berkembang di Indonesia dengan berbagai teknik dan sarana yang digunakan untuk menciptakan karya seni. Karena menggabungkan berbagai disiplin ilmu, seperti pilihan artistik dan pilihan untuk menghadirkan karya yang tidak terkait dengan karya seni, serta tidak terbatas dengan batas ruang dan waktu.

Pengertian Seni Rupa Kontemporer Menurut Para Ahli

Menurut D. Maryanto, istilah kontemporer sendiri berasal dari Bahasa Inggris “contemporary” yang berarti apa-apa atau mereka yang hidup pada masa yang bersamaan. Yang dimana itu bermaksud bahwa seni rupa kontemporer tersebut merupakan kesenian yang bersifat kekinian.

Ada yang memaknai bahwa istilah seni rupa kontemporer itu lebih dikatikan dengan eksistensi wujud karya seni yang representasinya berbeda dari prinsip-prinsip seni modern atau seni klasik yang telah mapan. Seperti yang disampaikan oleh Arthur Danto dalam bukunya The End of Art (1995, hlm. 10) sebagai berikut.

“Contemporary” in its most obvious sense means simply what is happening now: contemporary art would be the art produced by our contemporaries… But as the history of art has internally evolved, contemporary has come to mean an art produced within a certain structure of production never, I think, seen before in the entire history of art. So just as ‘modern’ has come to denote a style and even a period, and not just recent art, ‘contemporary art’ has come to designate something more than simply the art of present moment.

Pemaknaan istilah kontemporer yang terkait dengan persoalan representasinya ini pun cakupannya sangat luas. Pengertian yang beredar luas di masyarakat sendiri menganggap bahwa seni rupa kontemporer berarti seni rupa modern dan seni rupa alternatif. Misalnya seperti: Instalasi, happening art, performance art, video art dan video mapping yang berkembang di masa kini.

Ciri-Ciri Seni Rupa Kontemporer

Berdasarkan pengertian seni rupa kontemporer di atas, masuk atau tidaknya suatu karya seni rupa kontemporer dapat dinilai dari beberapa ciri. Seni rupa modern dicirikan yaknisebagai berikut:

  • Tidak terikat oleh aturan atau standar seni yang kuno,
  • Terus bersifat berkembang dari waktu ke waktu,
  • Tidak ada batasan antara berbagai bidang seni,
  • Dapat melampaui antara batas-batas antara lukisan, patung, grafis, omong kosong, anarki, dan aksi politik,
  • Memiliki semangat dan antusiasme yang berkaitan dengan “moral”,
  • Biasanya memiliki daya tarik dan minat tersendiri bagi media,
  • Sering dijadikan bahan wacana ide inik dan teknik artistik,

Ide Kontemporer dan Teknik Seni Rupa Kontemporer

Ide adalah sebuah ide kreatif saat membuat karya seni. Ide atau Ide Seni adalah merupakan hasil buah dari pemikiran untuk menciptakan sebuah karya seni. Keinginan untuk menciptakan sebuah karya seni akan muncul dalam pikiran jika berasal dari kebutuhan fisik atau mental.

Orisinalitas ide merupkana kuncuk untuk menciptakan seni kontemporer sehingga Anda harus selalu mencari inspirasi dan menciptakan suatu hal yang baru. Kreativitas seni rupa kontemporer memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Unik (beda dengan karya milik orang lain)
  • Perseorangan (bersifat pribadi perorangan)
  • Universal (untuk semua orang atau masyarakat luas)
  • Ekspresif (memiliki ekspresi emosi atau luapan jiwa)
  • Abadi (berlangsung selama berabad-abad atau selamanya)

Sebuah teknik adalah cara berurusan dengan media saat membuat sebuah karya seni. Cara kerja seni modern saat ini sangat dipengaruhi oleh bahan dan alat yang digunakan untuk menciptakan karya seni tersebut. Cara kerja seni modern juga dipengaruhi oleh kreativitas manusia untuk menciptakan teknik kerja yang unik.

Kajian Seni Rupa Kontemporer di Indonesia

Pengertian seni rupa kontemporer Indonesia memiliki berbagai bentuk, jenis dan corak, termasuk seni rupa dua dimensi seperti seni lukis, grafis, dan batik. Termasuk juga 3D, seperti patung, tembikar, seni instalasi, dan lain-lain. Seniman Indonesia, berkat kecerdikannya, menciptakan karya seni sebagai perwujudan ekspresi jiwa.

Kreativitas seniman Indonesia berkontribusi pada perkembangan seni rupa Indonesia. Munculnya berbagai karya seni rupa telah memunculkan apresiasi pemahaman terhadap makna yang melekat pada karya para seniman Indonesia tersebut.

Penilaian karya seni adalah kegiatan yang menilai karya seni. Pengakuan terhadap sebuah karya seni dapat diekspresikan sebagai empati dalam bentuk ekspresi atau tanggapan lisan atau tulisan. Beberapa seniman menyampaikan pesan melalui karya mereka dengan cara yang vulgar dan dapat dimengerti, sementara yang lain menyampaikan karya mereka melalui simbol yang menyampaikan makna tertentu.

Nah, itulah pengertian seni rupa kontemporer dan perkembangannya di Indonesia. Jangan lupa tinggalkan pendapat kamu di kolom komentar bagian bawah, ya!

Jika kamu tertarik dengan berita seputar perkembangan teknologi, silahkan kunjungi IDEAVONE. Atau jika kamu membutuhkan jasa pembuatan website, silahkan kunjungi AMSA STUDIO.

related posts

Leave a Comment