Biografi Salvador Dali dan 3 Fakta Menarik Tentangnya

by Kabar Seni
Biografi Salvador Dali

Biografi Salvador Dali dan 5 Fakta Menarik Tentangnya – Seniman bernama lengkap Salvador Domingo Felipe Jacinto Dalí i Domènech adalah seorang pelukis terpenting yang berasal dari Spanyol. Ia dikenal oleh masyarakat dunia lewat karya-karyanya yang berbentuk surealis.

Hasil karya dari Salvador Dali dikenal karena kombinasi mimpi yang aneh (bizzare) dengan draftmanship dan keahlian menggambar yang luar biasa. Karya-karya yang dia ciptakan sebagaian besar dipengaruhi oleh master Renaissance.

Dali merupakan seorang artis dengan talenta dan imajinasi yang besar. Dia mengakui bahwa dia sangat gemar melakukan hal yang tidak biasa. Hal tersebut ia lakukan untuk menarik perhatian pada dirinya sendiri.

Tak jarang, tingkah laku yang aneh tersebut kadang-kadang mengganggu penggemar yang mencintai lukisannya dan juga para pengkritiknya. Karena perilaku “keteaterannya” yang eksentrik, kadang-kadang hal tersebut membayangi hasil karyanya di perhatian publik.

Dalam artikel ini, kami akan membahas seputar biografi Salvador Dali dan 5 fakta menarik tentang dirinya. Hal tersebut penting karena sosok dari Salvador Dali merupakan rol model dari kesenian Kontemporer Hari ini.

Biografi Salvador Dali

Dalam biografi Salvador Dali, tercatat bahwa dia lahir di Figueres, Spanyol 11 Mei 1904. Dari pengakuannya, diketahui bahwa nenek moyangnya merupakan keturunan bangsa Moors, atau merupakan keturuanan bangsa Arab.

Dali merupakan seorang pelukis yang sangat terkenal dengan keterampilan melukisnya. Hal tersebut kemudian membuatnya banyak dikaitkan dengan sebagai pengaruh para maestro di era Renaissance.

Tidak hanya lukisan, dali juga kerap membuat beberapa karya seperti Film, patung, fotografi, atau kolaborasi media dengan seniman lain.

Salvador Dali merupakan seorang seniman yang sangat imajinatif dan eksentrik. Dia sangat menikmati ketika terlibat dalam perilaku aneh dan glamor.

Pada tahun 1980-an, Dali mengalami sebuah bencana yang tidak biasa. Istrinya, Gala, yang waktu itu mengalami sakit ingatan diduga telah memberikannya obat dengan dosisi yang berbahaya. Hasilnya adalah sistem syaratnya mengalami kerusakan dan hal tersebut sangat mempengaruhi daya cipta Dali.

Pada tahun 1982, Raja Juan Carlon telah memberikan Salvador Dali gelar Marqués de Dalí de Púbol. Dengan gelar terseubt, dia telah dinyatakan sebagai seorang bangsawan dari Spanyol.

Sebagai rasa terimakasih kepada Raja Spanyol, dia memberikan sebuah lukisan yang diberi judul Head of Europa. Sayangnya, lukisan tersebut menjadi karya terakhir dari Dali.

3 Fakta Menarik Salvador Dali

Membahas biografi Salvador Dali rasanya kurang pas ketika tidak membahas hal-hal yang berkaitan dengan kehidupannya. Oleh sebab itu, maka kita juga akan membahas tentang 5 hal menarik dari Salvador Dali.

Penggemar Adolf Hitler

Dalam biografi Salvador Dali, banyak dari kita yang sudah menyadari bahwa dia sangat menyukai sosok kontroversial dari Jerman, Adilf Hitler. Hal tersebut terlihat dari tema-tema lukisan yang berbentuk fasisme dan merujuk pada kepemimpinan Adolf Hitler.

Tidak hanya itu saja, bahkan terdapat karya lukisan dari Dali yang ditengarahi menyerupai sosok Hitler. Karya tersebut apabila diputar miring, maka akan terlihat mirip seperti Hitler.

Ketika banyak dari penggemar atau kritikus bertanya mengapa dia sangat menyukai Hitler, Dali menjawab karena dia sering bertemu dengannya di dalam mimpi.

Reinkarnasi Dari Kakaknya

Fakta menarik dari Bilgrafi Salvador Dali berikutnya adalah dia memiliki raya kepercayaan yang kuat bahwa Dali merupakan reingkarnasi dari Kakaknya. Hal tersebut lantaran memang Dali memiliki seorang kakak dengan nama Salvador Dali yang sudah meninggal.

Dilansir dari laman Dali Paintings, sebelum Dali dilahirkan, ibunya sudah mengandung dan melahirkan anak laki-laki. Anak laki-laki tersebut kemudian diberi nama Salvador Dali. Naas, pada usia yang hampir menginjak 2 tahun, bayi tersebut meninggal karena terkena infeksi perut.

Saat berusia 5 tahun, Dali diajak oleh ibunya untuk mengunjungi makam kakaknya tersebut. Di samping makam, ibu Dali berkata bahwa dia merupakan reingkarnasi dari sang kakak yang tak lain namanya juga Salvador Dali.

Selain nama, sang ibu juga menyakini bahwa wajah dari kedua anaknya tersebut memiliki kemiripan identik. Oleh sebab itu, ibu Dali berpendapat bahwa Dali merupakan reingkarnasi dari sang kakak.

Karena mendapatkan ucapan seperti itu di usia yang masih sangat dini, secara psikologis kalimat tersebut tertanam di pikiran Salvador Dali hingga dewasa. Dia sangat mempercayai hal tersebut, bahwa Salvador Dali merupakan reingkarnasi dari sang kakak.

Pernah bekerja dengan Walt Disney

Dengan bakat luar biasa yang dimiliki oleh Dali, dalam biografi Salvador Dali tertulis bahwa dia pernah bekerja untuk Walt Disney. Dali diajak untuk terlibat dalam pembuatan Film dari industri hiburan raksasa asal Amerika tersebut.

Saat itu, Walt Disney meminta Dali untuk menangani proses pembuatan film terbarunya yaitu Spellbound selama kurang lebih 6 bulan. Tidak berhenti di situ, Dali juga dilibatkan lagi pada tahun 1946 untuk bergabung dalam proyek film animasi pendek yang berjudul Destino.

Dari hasil kualitas yang diciptakan oleh Salvador Dali, Walt Disney memujinya dan menganggap bahwa dali merupakan seorang pekerja keras. Selain itu, Dali juga dianggap sebagai seorang seniman yang memiliki imajinasi luar biasa.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Biografi Salvador Dali dan 3 Faka Menarik tenantangnya. Jika kamu merasa ada yang masih kurang, silahkan isi di kolom komentar ya.

Kunjungi Travel Umroh terbaik dari Surabaya Arofahmina untuk mendapatkan informasi terbaru seputar umroh dan haji.

related posts

Leave a Comment