Biografi Pablo Picasso : Seniman Legendaris nan Kontroversial

by Kabar Seni
Biografi Pablo Picasso

Biografi Pablo Picasso : Seniman Legendaris nan Kontroversial – Dapat dipastikan bahwa hampir semua perupa di dunia mengetahui sosok seorang Pablo Picasso. Hal tersebut karena Picasso merupakan salah satu seniman paling penting di era Modern pada tahun 1920-an.

Artikel dari Kabar Seni kali ini akan membahas tentang biografi Pablo Picasso secara singkat. Hal tersebut selain karena pentingnya seorang Picasso terhadap kesenian, juga karena karena karya-karyanya yang mendunia dan kontroversial. Oleh karena itu, mari membaca artikel Biografi Pablo Picasso ini hingga akhir!

Biografi Pablo Picasso

  • Nama: Pablo Diego Jose Francisco de Paula Juan Nepomuseno Maria de los Remedios Cipriano de la Santisima Trinidad Ruiz y Picasso
  • Tanggal Lahir: 25 Oktober 1881, Malaga, Spanyol
  • Meninggal: 8 April 1973 Musin, Prancis
  • Orang tua: Jose Ruiz Blasco (ayah) Maria Picasso Lopez (ibu)
  • Pasangan: Olga Koklova (lahir 1918-1955) Jacqueline Rock (lahir 1961-1973)
  • Anak: Paloma Picasso Paulo Picasso Claude Pierre Pablo Picasso Maya Widmeier Picasso
  • Kebangsaan: Spanyol
  • pendidikan: Sekolah Tinggi Seni Barcelona, Spanyol (1895) Akademi Kerajaan (1897)
  • Karya-karya terkenal: Les Demoiselles d’Avignon (1907), Guernica (1937), Wanita yang Menangis (1937).

Pablo Ruiz Picasso, lebih dikenal sebagai Pablo Picasso, adalah seorang seniman yang dikenal dari aliran kubisme dan juga dikenal sebagai pelukis revolusioner abad ke-20.

Ia merupakan seorang jenius seni karena mampu menciptakan patung, grafis, keramik, dan kostum balet untuk persiapan penampian di panggung. Picasso lahir sebagai Pablo (atau El Pablito) pada 25 Oktober 1881 di Malaga, Spanyol. Dia adalah seorang putra dari profesor seni Jose Ruiz Blasco dan Maria Picasso Lopez. Picasso meninggal pada 8 April 1973 di Musin, Prancis.

Kemampuan seni Picasso diwarisi dari orang tuanya, yaitu ayahnya, José Ruiz Blasco adalah seorang profesor seni dan ibunya Maria Picasso Lopez adalah seorang ahli seni. Bakat seni Picasso mulai terlihat sejak usia dini, dan Picasso muda sudah pandai menggambar.

Pada usia 14 tahun ia lulus ujian masuk Sekolah Seni Rupa di Barcelona, dan dua tahun kemudian ia pindah ke Madrid untuk belajar di Royal Academy. Tak lama kemudian, Picasso kembali ke Barcelona dan bergabung dengan Els Quatre Gats, tempat para penyair, seniman, dan kritikus bertukar pikiran di luar Spanyol.

Pada usia 23, Picasso pindah ke Paris, pusat seni dunia pada saat itu. Di sana ia menciptakan banyak karya seni yang indah, masing-masing menggunakan gaya Kubisme. Dia juga menemukan teman yang berpikiran sama, Georges Braque. Keduanya melukis lukisan Kubisme yang menggemparkan dunia saat itu.

Karya Pablo Picasso

Menulit tentang biografi Pablo Picasso secara singkat tentu saja harus membahas tetang karya-karyanya. Karya yang hingga sekarang masih menjadi panutan banyak perupa di seluruh dunia.

Secara umum, seniman terkenal memiliki satu gaya dasar, tetapi Picasso tidak. Picasso justru menawarkan berbagai gaya. Kritikus seni memberinya banyak julukan, seperti Zaman Biru, Zaman Merah Muda, dan Zaman Neoklasik. Picasso juga merupakan cikal bakal Kubisme.

Picasso meninggalkan sekitar 20.000 karya selama hidupnya. Menariknya, Picasso sering mengubah gaya melukisnya. Hal ini terjadi karena Picasso memiliki banyak teman. Misalnya, gaya lukisan merah muda kebiruan (karena warna biru dan merah muda mendominasi dalam lukisan) berubah secara dramatis menjadi gaya Kubisme di bawah pengaruh persahabatannya dengan Georges Braque.

Kubisme ini mengejutkan dunia seni karena mengubah persepsi orang tentang keindahan seni. Sementara lukisan awal dengan model wanita mudah dikenali, Picasso membuat perubahan radikal yang membuat bentuk lukisan sulit dibedakan, seperti yang dia terapkan pada karya Demoiselle d’Avignon.

Lukisan ini tidak tercipta secara kebetulan, Picasso sebelumnya pernah mempelajari karya pematung Iberia dan patung Afrika lainnya (patung primitif), yang biasanya melengkung dan tidak proporsional. Kebebasan gaya seni Picasso ditegaskan oleh beberapa eksperimen yang sering dilakukannya, terutama perspektif dan distorsi yang ada dalam lukisannya.

Dengan cara ini, gaya Kubisme Picasso mengubah pandangan dunia seni rupa, yaitu penilaian seni lukis, tidak hanya keindahan seni, tetapi juga hasil penelitian dan eksperimen.

Inspirasi Karya Pablo Picasso

Pada biografi Pablo Picasso, dia memiliki banyak inspirasi yang melatarbelakangi karya-karyanya. Pablo Picasso adalah seniman yang melankolis, berkepribadian kuat, egois dan hidupnya sangat bebas. Secara alami, karyanya mencerminkan kepribadiannya dalam banyak hal. Karakternya dapat dilacak dalam banyak karya seni yang kontroversial dan ekspresif.

Di sisi lain, kemurungannya terungkap dalam kepribadiannya yang sangat sensitif dan detail yang mengevaluasi realitas kehidupan.  Picasso menjadikan perempuan atau mantan kekasihnya sebagai inspirasi dari lukisannya. Selain itu, perang sipil yang terjadi pada masa itu juga turut memberikan Picasso inspirasi untuk melukis.

Nah, itulah biografi Pablo Picasso secara singkat. Semoga dengan artikel “Biografi Pablo Picasso : Seniman Legendaris nan Kontroversial” ini nantinya dapat memberi Anda wawasan dan pengetahuan baru, ya!

related posts

Leave a Comment